Kamis, 04 Oktober 2012

Mengapa Manusia Membutuhkan/Tidak Membutuhkan Internet


Kali ini saya akan membahas mengenai mengapa manusia membutuhkan internet/tidak membutuhkan internet dengan pendekatan psikologis. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku setiap manusia mulai dari yang tampak maupun yang tidak tampak dilihat dari sisi fisik dan psikis. Sedangkan internet adalah sebuah perkembangan kemajuan teknologi. Kini keduanya berjalan beriringan dan sudah sangat sulit dipisahkan dengan pola kehidupan manusia di era globalisasi ini.
Internet juga dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang yang sudah menjadi konsumtif terhadap internet karena sudah terbiasa dimanjakan oleh kemudahan dan berjuta fasilitas yang tersedia di internet. Internet juga dapat mempengaruhi cara pandang manusia karena merasa sudah tidak ketinggalan jaman lagi dan hal ini dapat memacu keinginan mereka untuk terus dapat maju mengikuti perubahan jaman dan rasa ingin bersaing.
Selain itu pengaruh internet juga dapat mempengaruhi pelajar untuk menjadikan internet sebagai teman mereka dalam mengisi waktu luang karena jutaan aplikasi yang tersedia didalam internet. Salah satu contohnya adalah Game Online yang sering dijadikan sasaran untuk mengisi waktu luang para pelajar, namun mereka tidak menyadari bahwa hal ini menjadikan mereka kehilangan waktu belajar mereka ataupun kesempatan untuk belajar dari pengalaman. Mungkin saja mereka merasa bangga karena mereka dapat menggunakan internet dan dapat mengikuti perkembangan jaman namun hal itu juga berarti mereka telah buta akan akhlak karena mungkin saja mereka mengunjungi situs yang tidak layak untuk mereka lihat.


sumber :
http://elisaputri19.blogspot.com/2012/10/dibahas-tentang-pendekatan-psikologi.html
http://krispantoro.wordpress.com/2012/03/09/dampak-negatif-dan-dampak-positif-internet/
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2313363-internet-sama-dengan-pisau-dapur/
http://nanofp2.blogspot.com/2012/10/mengapa-manusia-butuh-internet-apa.html
http://duniabaca.com/pengaruh-internet-manfaat-internet-serta-dampak-positif-dan-negatif-internet-bagi-penggunanya.html
http://sisykurniaasih.blogspot.com/2011/09/manfaat-internet-dalam-kehidupan-sehari.html
http://coretan-siperantau.blogspot.com/2012/03/dampak-negatif-internet-dan-positif.html
http://www.anneahira.com/dunia-komputer.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar