Jumat, 28 September 2012

Netiquette


Kali ini saya akan membahas mengenai ‘Netiqutte’ atau singkatan dari Network Etiquette yang merupakan tata cara tertulis dalam system jaringan yang dipakai untuk melakukan komunikasi yang biasanya dilakukan didalam news group, USENET, juga didalam e-mail. Netiquette sebenarnya merupakan bagian penting yang seharusnya diketahui oleh para pengguna internet ketika sedang berinteraksi diinternet dengan banyak orang yang memungkinkan melakukan kesalahan ketika mengetik sehingga dapat terjadi salah paham. Hal ini juga untuk menjaga keharmonisan bagi para penghuni dunia maya.

Netiquette juga berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna. Contohnya mengirim volume besar e-mail impersonal atau pesan lain kepada orang lain yang lebih dikenal sebagai ‘spam’ dan sering disukai. Namun ada juga aturan tertentu seperti mengirim ‘spam’ yang umumnya dianggap etiket buruk di internet. Namun komunitas online tertentu mungkin memiliki standart netiquette mereka sendiri.

Netiquette juga memiliki fitur yang bervariasi secara signifikan antara satu komunitas web namun ada beberapa standart yang diterima secara umum di internet. Indiana University merekomendasikan menulis online dalam paragraph ringkas dengan kapitalisasi yang tepat, tanda baca yang tepat, dan bijaksana dalam penggunaan bahasa, terutama di forum-forum public. 

Nah semoga bagi para penghuni dunia maya dapat memiliki netiquette yang baik dalam setiap aktivitasnya di dunia maya karena itu juga dapat membantu menjaga keharmonisan antar penghuni dunia maya.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar