Jumat, 28 September 2012

Internet Service Provider


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ISP atau Internet Service Provider..

ISP (Internet Service Provider) atau PJI (Penyelenggara Jasa Internet) ini adalah perusahaan atau organisasi yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lain yang berkaitan. ISP mempunyai jaringan secara domestic maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan ini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berwujud kabel, modem, radio, atau VSAT.

ISP ada yang bersifat tertutup dan umum. ISP yang bersifat tertutup berupa ISP yang hanya melayani fasilitas jaringan internet untuk jaringan local lembaga yang bersangkutan, misalnya ISP yang ada pada beberapa departemen milik pemerintah , perusahaan-perusahaan besar, lembaga riset, maupun lembaga pendidikan. Sedangkan ISP yang bersifat umum berupa ISP yang memberikan layanan fasilitas jaringan internet untuk masyarakat luas, baik untuk pribadi maupun kelompok atau lembaga.

Umumnya, ISP jenis ini memiliki sifat komersial yaitu menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Contohnya seperti Wasantara Net, D-Net, Telkom Net, Rad Net, dan Indosat Net. Tidak semua ISP dapat terhubung langsung dengan jaringan internet dunia karena dana untuk tujuan tersebut sangat mahal. Oleh karena itu, hanya ISP besar yang mampu membangun jaringan internet dengan pihak luar negeri. Untuk menghemat dana, beberapa ISP yang bersifat tertutup tidak melakukan hubungan langsung dengan jaringan internet luar negeri.

Ada beberapa fungsi dari ISP, seperti :

-      Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet

-      Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat

-      Menyediakan modem untuk dial-up

-      Menghubungkan seorang user ke layanan informasi ‘www’ (World Wide Web)

-      Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail)

-      Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.

-      Memberikan tempat untuk homepage

-   ISP melakukan proteksi dari penyabaran  virus dengan menerapkan system antivirus untuk pelanggannya.

Ketika mencari sebuah ISP pertimbangan awal adalah jenis akses yang diinginkan. Beberapa ISP hanya menawarkan akses dial-up yang merupakan jenis koneksi paling lambat. Jika Anda ingin layanan kabel, Anda akan memeriksa dengan kabel lokal selular Anda TV untuk melihat apakah akses kabel ditawarkan. Untuk layanan DSL, Anda mungkin memiliki beberapa pilihan atau bisa juga bahwa DSL belum tersedia di wilayah Anda. Seringkali ini dapat diperbaiki dengan menelpon ke perusahaan telepon untuk meng-upgrade saluran telepon setempat.

Setiap ISP memiliki kebijakan privasi dan Ketentuan Layanan (TOS) kontrak bahwa pelanggan harus menyetujui sebelum berlangganan akan diterima. Kebijakan privasi akan menyatakan apa perusahaan akan dan tidak akan lakukan dengan informasi pribadi yang dikumpulkan pada saat sign-up. Nama, alamat, dan biasanya nomor kartu kredit diperlukan. Kebijakan privasi juga harus menyatakan dalam kondisi apa informasi pribadi Anda mungkin dibagi dengan pihak ketiga, pejabat pemerintah, atau orang lain.

Kontrak KL menetapkan bagaimana Anda dapat menggunakan layanan ini. Sebagai contoh, akses dial-up sering dijual sebagai “akses tak terbatas” tapi ini bukan untuk dipahami secara harfiah. Dial-up account biasanya membatasi jam per bulan untuk 250-400, tergantung pada ISP. Akses tak terbatas (meninggalkan komputer Anda dan secara aktif terhubung ke Internet)  disebut didedikasikan akses. Kebanyakan DSL atau kabel langganan memungkinkan akses berdedikasi.


Referensi :
http://layananinternet.com/article/indonesian/artikel-internet/2011-11-14/fungsi-internet-service-provider--isp-.html
http://didit-alumni-jhs1pam.blogspot.com/2009/05/pengertian-isp-internet-service.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar