Jumat, 28 September 2012

E-mail


Dijaman modern seperti ini hampir setiap orang sudah mengenal e-mail. Namun apa sesungguhnya pengertian e-mail akan kita bahas sedikit disini.

E-mail (Electronic Mail) adalah surat elektronik yang sudah mulai digunakan pada sekitar tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada adalah kumpulan computer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Pada saat itu Ray Tomlinson bekerja pada Bolt Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah computer, sehingga orang lain yang memakai computer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke computer lain yang berada dalam jaringan ARPANET. Pesan e-mail pertama yang dikirim oleh Ray dan juga merupakan e-mail pertama didunia adalah ‘QWERTYUIOP’. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat e-mail yang berarti ‘at’ atau ‘pada’. Itulah sejarah singkat awal terciptanya ‘e-mail’.

Melalui e-mail kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar yang dikirimkan dari satu alamat e-mail ke alamat lainnya dijaringan internet. Jika kita mengirim surat melalui e-mail kita dapat memperoleh beberapa keuntungan seperti e-mail akan diterima langsung oleh orang yang kita tuju, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar