Jumat, 28 September 2012

Chatting



Hi guys, kali ini saya akan membahas mengenai chatting.. Jaman sekarang hampir setiap orang mengenal istilah chatting terutama para remaja. Tapi apa kalian tau apa itu arti chatting yang sesungguhnya ? nah, disini saya akan coba menjelaskan sedikit mengenai chatting.

Chatting adalah suatu feature atau program dalam internet untuk saling berkomunikasi langsung antar sesama pengguna internet yang sedang online dimana pun ia berada. Komunikasinya dapat bermacam-macam, dapat berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Caranya dengan anda dapat mengirimkan pesan teks atau suara kepada orang yang anda tuju yang juga sedang online, dan orang itu dapat langsung membalas pesan anda.

Tentang Aplikasi Chatting

a.    Real time : Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan pengguna lain.
b.    Nickname : Pengguna harus memasukkan nickname sebagai indetifikasi unik dalam system. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh system selama masa sesi pengaksesan berlangsung hingga pengguna keluar dari ruang chatting atau browser ditutup.
c.    Public room : Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam public room di mana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca oleh semua pengguna yang lain.
d.    Send message : Pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan pesan dan menekan sebuah tombola tau ‘enter’ untuk mengirimkan teks tersebut. Teks pesan percakapan dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan percakapan, berurutan berdasarkan waktu diterimanya pesan tersebut oleh server.
e.    Auto refresh : Area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru) sehingga pengguna selalu mengetahui percakapan pengguna lain yang sedang berlangsung tanpa harus melakukan refresh halaman secara manual.

Dalam melakukan chatting juga ada beberapa etika yang harus kita perhatikan seperti :

-      Harus menggunakan kata-kata yang sopan dengan teman chatting kita

-      Harus jujur

-      Jangan suka iseng

-      Jangan menyinggung ‘sara’

-      Ucapkan salam

-      Jangan menulis dengan huruf capital karena itu dianggap kurang sopan

-      Jika ingin mengakhiri percakapan (chatting) jangan lupa ijin atau pamitan terlebih dahulu

Nah itu tadi sedikit pembahasan mengenai chatting, semoga dapat menambah pengetahuan untuk kita semua.



Referensi :
http://fionaelisabet.blogspot.com/2012/09/pengertian-chatting-etika-ber-chatting.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar