Rabu, 26 September 2012

SEJARAH INTERNET

Apa sih itu internet ? Dijaman sekarang ini hampir semua orang mengenal internet, mulai dari orang dewasa, remaja, bahkan sampai anak-anak sekalipun sudah dapat menggunakan dan mengakses jaringan internet, karena hadirnya internet sangat membantu dalam mencari sebuah informasi secara cepat dan tanpa berbatas waktu. Tapi apa kalian tau sejarah awal terciptanya internet ? Nah, disini saya akan mencoba menceritakan sedikit mengenai sejarah awal mula terciptanya internet.

Istilah internet di dapat dari singkatan interconnected computer networks yang bisa di artikan sebagai jaringan komputer tanpa batas yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya di seluruh penjuru dunia.

Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan computer sekitar tahun 1960 yang dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir, karena Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi akan menjadi lumpuh. Itulah sebabnya Amerika mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan computer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat system jaringan computer yang tersebar dengan menghubungkan computer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan oleh pihak lawan. Proyek itu disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dengan mendemonstrasikan perpaduan antara Hardware dan Software dengan computer berbasis UNIX, komunikasi jarak jauh yang dapat dilakukan tanpa ada batasan yang tidak terhingga melalui saluran telepon. ARPANET kemudian merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah besar dan waktu yang singkat, dan telah ditetapkan sebagai sebuah standart pembangunan protocol baru yang saat ini dikenal dengan nama/istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan disinilah awal dari sejarah internet yang telah berkembang luas sampai saat ini.

Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan computer. Pada awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969. Maka pada bulan Oktober 1972, ARPANET diperkenalkan secara umum, tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat diseluruh  daerah dan semua universitas dinegara tersebut ingin bergabung sampai ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh karena itu, ARPANET dipecah menjadi 2, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Sedangkan sejarah internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an yang lebih dikenal sebagai Paguyuban Network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong sangat terasa diantara para penggunanya. Sejak 1988 adalah penggunaan awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compurserve (AS) untuk mengakses internet. Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC. Protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia adalah UI-NETLAB (192.41.206/24) yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Nah, ini sejarah singkat mengenai Internet. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar