Jumat, 28 September 2012

Search Engine


Kali ini saya akan membahas mengenai Search Engine atau mesin pencari. Mesin pencari ini akan menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user pencari konten. Konten yang ditampilkan adalah konten yang memang sudah terindex dan tersimpan di database server search engine-nya itu sendiri.

Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, diantaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search) dan Yahoo!. Dan telah ada beberapa upaya untuk menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

Search Engine juga memiliki komponen utama yaitu Web Crawler atau yang dikenal juga dengan istilah Web Spider yang bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada didalam halaman web. Web crawler bekerja secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi serta menyimpan semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka dia akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu.

·         KELEBIHAN Search Engine :
-      Lebih cepat dan mudah dalam mencari informasi
-      Lebih canggih dengan berbagai fitur yang dimiliki
-      Tampilan yang sederhana
-      Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita, artikel, hiburan, dll.

·         Kekurangan Search Engine :
-      Sering dimanfaatkan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan

Berikut adalah Search Engine yang menurut saya terpopuler :
1. Google.com
2. Yahoo.com
3. msn.com
4. bing.com
5. ask.com
6. baidu.com
7. Aol.com
8. Altavista.com
9. Lycos.com
10. Alexa.com


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar