Sabtu, 27 Oktober 2012

Pengalaman Menggunakan Internet


Saya ingin berbagi cerita mengenai pengalaman saya saat menggunakan internet. Pertama kali saya menggunakan internet ketika saya SMP. Saat itu saya mulai menggunakan internet karena ada pelajaran mengenai internet. Awal penggunaan internet saya di ajarkan membuat email dan chatting. Ketika itu saya mulai tertarik dengan internet. Kebetulan saat itu sedang booming jejaring social yaitu friendster, dan saya pun mulai bergabung.

Saat itu saya menyadari dengan menggunakan internet saya dapat berkomunikasi dengan mudah dengan orang-orang yang di daerah lain. Saya juga mulai memiliki teman dari berbagai daerah melalui jejaring social itu. Ketika saya SMP saya menghabiskan banyak waktu menggunakan internet hanya untuk aktiv di jejaring social.

Ketika saya masuk SMA saya mulai beralih ke facebook dan twitter, namun saya memang lebih aktiv di facebook bahkan sampai sekarang. Ketika SMA saya sempat mulai kecanduan internet. Hampir setiap hari saya meluangkan waktu saya untuk online. Namun saya mulai merasakan dampak buruk ketika saya kecanduan internet itu, seperti banyak waktu saya yang tersita hanya untuk online tanpa menghasilkan apapun, ketika terlalu lama online saya pun terlalu lelah jadi tidak ada gairah lagi untuk belajar atau pun mengerjakan tugas. Ditambah lagi yang ketika itu saya belum memiliki computer terpaksa harus ke warnet dan mengeluarkan uang jajan saya hanya untuk online.

Namun ketika saya masuk les b.inggris, saya di ajarkan juga mengenai penggunaan internet secara bijak yang memungkinkan saya mendapat banyak pengetahuan dari sana. Mulai sejak itu lah saya mulai menggunakan internet secara bijak dan tidak kecanduan online di jejaring social meskipun masih aktiv bahkan hingga sekarang.

Ketika saya masuk kuliah saya mulai memahami penggunaan internet yang bijak dan dapat membantu saya dalam aktivitas saya terutama membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas saya.

Jika kita dapat menggunakan internet dengan bijak maka kita akan merasakan dampak positif dari penggunaan internet, contohnya saja yang paling mudah kita akan mendapatkan ilmu dengan cepat dan tanpa batas, karena internet dapat menjadi jendela untuk melihat dunia luar. Begitu juga sebaliknya, kita akan merasakan dampak negative jika kita tidak menggunakan internet secara bijak, salah satunya kecanduan internet yang dapat merugikan kita, baik secara waktu, fisik dan materi, dan masih banyak lagi dampak negatifnya.

Maka pesan saya gunakanlah internet secara bijak agar tidak merugikan diri kita sendiri maupun orang lain :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar