Minggu, 21 Oktober 2012

Komunitas Online


Kali ini saya akan membahas mengenai komunitas online. Apasih komunitas online itu ? Komunitas itu berasal dari bahasa latin yaitu communis yang artinya adalah masyarakat atau public. Komunitas dibagi menjadi 2, yaitu komunitas offline dan komunitas online. Komunitas online merupakan komunitas yang disatukan oleh kesamaan hobby, pekerjaan, ataupun pemersatu lainnya, dimana media integrasi dan komunikasinya menggunakan internet.

Menurut ahli sosiologi, sebuah komunitas memiliki 4 ciri utama, yaitu :
1.     Adanya keanggotaan didalamnya. Karena tidak mungkin sebuah komunitas tidak memiliki anggota didalamnya.
2.    Adanya saling mempengaruhi. Anggota-anggota komunitas dapat saling mempengaruhi satu sama lainnya.
3.    Adanya integrasi dan pemenuhan kebutuhan anggotanya.
4.    Adanya ikatan emosional antar anggotanya.

Hingga saat ini sudah banyak komunitas online yang berkembang dengan tujuan dan kepentingan tertentu seperti komunitas riset online dengan perwujudan komunikasinya berupa jurnal ilmiah online maupun forum diskusi online, contohnya saja seperti komunitas bisnis, komunitas edukasi, komunitas religious, komunitas hobi, atau kelompok kepanitiaan yang dibentuk secara offline namun hamper seluruh proses komunikasinya melalui media online.

Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini biasanya merupakan kegiatan positif dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan ketidakadilan, penyimpangan, dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang berkuasa.



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar