Kamis, 04 Oktober 2012

Dampak Positif dan Negatif Internet


Disini saya akan membahas mengenai dampak positif dan negative dari internet, karena pemakaian internet dari menimbulkan dampak psikis bagi pengguna internet.

DAMPAK POSITIF dari penggunaan internet yaitu internet dapat dijadikan sebagai media komunikasi  yang tidak terhalang oleh jarak, karena kita dapat berkomunikasi dengan orang yang tinggal dibelahan dunia yang lain dengan mudah. Internet juga dapat membantu untuk pembentukan identitas dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu internet juga dapat menjadi media untuk pertukaran data yang sangat berpengaruh dalam perkembangan jaman maupun dunia pendidikan. Dengan menggunakan internet semua orang dapat dengan mudah untuk mendapatkan berbagai informasi dari berbagai penjuru dunia. Selain itu internet juga dapat mempermudah dalam kegiatan bertransaksi dan berbisnis. 

DAMPAK NEGATIF dari penggunaan internet yaitu dapat menjatuhkan moral anak bangsa dengan banyaknya situs-situs yang tidak baik dan dapat merusak pribadi para remaja, contohnya saja seperti pornografi yang beredar bebas di internet yang dengan mudah diakses oleh setiap pengguna internet. Ada juga Violence And Gore atau banyak kekerasan dan kesadisan yang ditampilkan. Selain itu, penipuan, Carding, dan perjudian pun marak terjadi di internet yang dapat sangat merugikan. Internet juga dapat mengurangi sifat social manusia, karena kemudahan komunikasi yang ditawarkan di internet menjadikan manusia malas untuk bertemu secara langsung dan lebih suka berhubungan lewat internet dengan alasan kemudahan yang ditawarkan diinternet tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, waktu dan tenaga. Selain itu, karena terlalu banyak informasi yang ditampilkan di internet menjadikan kita sulit membedakan mana informasi yang benar atau tidak. Health Issues, stress yang ditimbulkan oleh pengguna peralatan dan aplikasi berbasis TIK, ketergantungan internet, pengaruh gelombang elektromagnetis, pengaruh radiasi layar computer, dan masih banyak lainnya. Internet juga menyebabkan makin menipisnya nilai budaya local akibat globalisasi atau Impact Of Globalization On Culture.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar