I. Penelitian Psikologi &
Internet
a. Publikasi Online
Secara terminologi, publikasi
berarti penyiaran, pengumuman atau penerbitan. Pada perkembangannya di
Indonesia istilah publisistik berasal dari bahasa latin yaitu publicare yang
berarti mengumumkan. Sedangkan online adalah online adalah suatu keadaan dimana sebuah device
(komputer) terhubung dengan device lain dengan
menggunakan perangkat modem, sehingga bisa saling berkomunikasi. Jadi dapat
disimpulkan bahwa publikasi online adalah penyiaran, pengumuman atau penerbitan
yang dilakukan secara online.
b. Etika Dalam Penelitian Dengan
Menggunakan Bantuan Internet
Pada tulisan saya sebelumnya,
saya pernah membahas mengenai ‘Netiqutte’
atau singkatan dari Network Etiquette yang merupakan tata cara tertulis dalam
system jaringan yang dipakai untuk melakukan komunikasi. Hal ini juga dapat
kita terapkan dalam melakukan penelitian
Secara
garis besar penelitian percobaan (eksperimen) terbagi menjadi
penelitian laboratorium (laboratory experiment) dan
penelitian lapangan (field experiment). Masing-masing penelitian tersebut
memliki kelebihan dan kelemahan tersendiri,yaitu :
1.
Penelitian laboratium
Penelitian laboratorium merupakan penelitian
yang dilakukan dalam ruangan tertutup, dimana kelompok eksperimen
dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat memengaruhi hasil dari pengujian
hubungan sebab akibat.
·
Kelebihan penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini lebih dapat di
pertanggungjawab kan keabsahannya karena hanya memfokuskan pada pengujian
hubungan sebab dan akibat.
·
Kelemahan penelitian laboratorium adalah penelitian ini belum tentu dapat
diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Penelitian lapangan
Penelitian lapangan merupakan penelitian
yang dilakukan dalam ruangan terbuka, dimana kelompok eksperimen masih
dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
·
Kelebihan penelitian lapangan adalah hasil penelitian ini dapat diberlakukan
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Kelemahan penelitian lapangan adalah tingkat kepastian hubungan sebab
akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena sulitnya untuk
mengontrol variabel-variabel pengganggu.
Dalam melakukan sebuah penelitian percobaan,
terdapat etika dan aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh sang
peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak asasi subjek penelitian.
Berikut adalah etika penelitian percobaan:
- Kebebasan
bagi public untuk mengakses hasil penelitian.
- Menjaga
kerahasiaan (privacy) subjek penelitian.
- Mengirimkan
hasil penelitian kepada subjek.
- Memberikan
hal subjek dan meminta persetujuan terlebih dahulu.
- Memberitahukan
secara jujur dan jelas kepada subjek tentang prosedur penelitian
yang telah dilakukan.
c. Jurnal Penelitian Psikologi
Disini saya akan membahas
mengenai jurnal yang berjudul “PENGARUH
PENGENALAN KOMPUTER PADA PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK: STUDI KASUS TAMAN BALITA
SALMAN AL FARISI”. Meningkatnya
jumlah waktu yang dipergunakan oleh anak-anak di rumah dan di sekolah dalam berinteraksi
dengan komputer menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana teknologi komputer
mempengaruhi perkembangan psikologi mereka. Artikel ini menyajikan riset
terbatas terhadap efek penggunaan komputer di rumah terhadap
perkembangan aspek fisik, kognitif, emosi, sosial, dan motorik. Secara umum perkembangan
anak yang diperkenalkan dengan teknologi komputer relatif lebih baikaspek-aspek
tertentu pada anak-anak daripada anak-anak yang sama sekali belum dikenalkan
dengan teknologi komputer. Penelitian ini masih merupakan
penelitian awal sehingga dibutuhkan penelitan yang lebih sistematis dan
kompleks pada wilayah ini, sehingga dapat membantu orang tua dan para penentu
kebijakan untuk menggali dan memaksimalkan efek positif dan meminimalisir efek
buruk dari penggunaan teknologi komputer pada anak-anak.
Jurnal tersebut dapat dilihat
secara lebih lengkap di http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1308/1067
II. Dampak Memainkan Game Online
Ketika saya memainkan game online
saya merasa ada beberapa dampak positif dan negative yang saya dapatkan, karena
saya memainkan game mengenai kesehatan, disitu saya jadi mengetahui bagaimana
proses operasi katarak dan operasi jantung, saya sengaja memilih game seperti
itu karena jika saya memainkan game yang lain saya takut akan jadi kecanduan,
karena itu selama ini saya menghindari bermain game online.
Hei kamu, karena kamu ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih
BalasHapuslink UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite
studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut
mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill
Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember
2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau
10 pemenang untuk setiap kategori. link
http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755
Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita
studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite
kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan
kunjungi link ini http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5
makasi :)