Sabtu, 24 November 2012

FINAL SOFTSKILL PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET


I. Penelitian Psikologi & Internet
a. Publikasi Online
Secara terminologi, publikasi berarti penyiaran, pengumuman atau penerbitan. Pada perkembangannya di Indonesia istilah publisistik berasal dari bahasa latin yaitu publicare yang berarti mengumumkan. Sedangkan online adalah online adalah suatu keadaan dimana sebuah device (komputer) terhubung dengan device lain dengan menggunakan perangkat modem, sehingga bisa saling berkomunikasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa publikasi online adalah penyiaran, pengumuman atau penerbitan yang dilakukan secara online.
b. Etika Dalam Penelitian Dengan Menggunakan Bantuan Internet
Pada tulisan saya sebelumnya, saya pernah membahas mengenai ‘Netiqutte’ atau singkatan dari Network Etiquette yang merupakan tata cara tertulis dalam system jaringan yang dipakai untuk melakukan komunikasi. Hal ini juga dapat kita terapkan dalam melakukan penelitian
Secara garis besar penelitian percobaan (eksperimen) terbagi menjadi penelitian laboratorium (laboratory experiment) dan penelitian lapangan (field experiment). Masing-masing penelitian tersebut memliki kelebihan dan kelemahan tersendiri,yaitu :
1.      Penelitian laboratium
   Penelitian laboratorium merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan tertutup, dimana kelompok eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat memengaruhi hasil dari pengujian hubungan sebab akibat.
·         Kelebihan penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini lebih dapat di pertanggungjawab kan keabsahannya karena hanya memfokuskan pada pengujian hubungan sebab dan akibat.
·         Kelemahan penelitian laboratorium adalah penelitian ini belum tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Penelitian lapangan
   Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan terbuka, dimana kelompok eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
·         Kelebihan penelitian lapangan adalah hasil penelitian ini dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Kelemahan penelitian lapangan adalah tingkat kepastian hubungan sebab akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena sulitnya untuk mengontrol variabel-variabel pengganggu.
   Dalam melakukan sebuah penelitian percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak asasi subjek penelitian. Berikut adalah etika penelitian percobaan:
-  Kebebasan bagi public untuk mengakses hasil penelitian.
-  Menjaga kerahasiaan (privacy) subjek penelitian.
-  Mengirimkan hasil penelitian kepada subjek.
-  Memberikan hal subjek dan meminta persetujuan terlebih dahulu.
- Memberitahukan secara jujur dan jelas kepada subjek tentang prosedur penelitian yang telah dilakukan.


c. Jurnal Penelitian Psikologi
Disini saya akan membahas mengenai jurnal yang berjudul “PENGARUH PENGENALAN KOMPUTER PADA PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK: STUDI KASUS TAMAN BALITA SALMAN AL FARISI”. Meningkatnya jumlah waktu yang dipergunakan oleh anak-anak di rumah dan di sekolah dalam berinteraksi dengan komputer menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana teknologi komputer mempengaruhi perkembangan psikologi mereka. Artikel ini menyajikan riset terbatas terhadap efek penggunaan komputer di rumah terhadap perkembangan aspek fisik, kognitif, emosi, sosial, dan motorik. Secara umum perkembangan anak yang diperkenalkan dengan teknologi komputer relatif lebih baikaspek-aspek tertentu pada anak-anak daripada anak-anak yang sama sekali belum dikenalkan dengan teknologi komputer. Penelitian ini masih merupakan penelitian awal sehingga dibutuhkan penelitan yang lebih sistematis dan kompleks pada wilayah ini, sehingga dapat membantu orang tua dan para penentu kebijakan untuk menggali dan memaksimalkan efek positif dan meminimalisir efek buruk dari penggunaan teknologi komputer pada anak-anak.

Jurnal tersebut dapat dilihat secara lebih lengkap di   http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1308/1067

II. Dampak Memainkan Game Online
Ketika saya memainkan game online saya merasa ada beberapa dampak positif dan negative yang saya dapatkan, karena saya memainkan game mengenai kesehatan, disitu saya jadi mengetahui bagaimana proses operasi katarak dan operasi jantung, saya sengaja memilih game seperti itu karena jika saya memainkan game yang lain saya takut akan jadi kecanduan, karena itu selama ini saya menghindari bermain game online.


1 komentar:

  1. Hei kamu, karena kamu ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih

    link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite

    studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut

    mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember

    2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau

    10 pemenang untuk setiap kategori. link

    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita

    studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite

    kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan

    kunjungi link ini http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus